Apakah Benar berita bahwa Ujian Nasional Jenjang SMA/SMK/MAN sederajat akan dilaksanakan secara online pada Tahun Pelajaran 2014/2015, sementara Pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan untuk semester genap mendatang ?

Kita tunggu berita nya.

Namun Surat Publikasi Ujian Online ini seperti nya cukup mewakili benar, bahwa Ujian Nasional akan dilaksanakan secara online.  Juga beberapa sekolah di kota besar, termasuk sekolah ku, juga sudah mendaftar dan mendata nama peserta Ujian Nasional secara Online di Dapodik.

Perhatikan Surat Pemberitahuan Ujian Nasional Online SMK TP 2014/2015 dibawah ini.

Sejujurnya, mengadakan pembelajaran dan diakhiri dengan Ujian Online adalah Langkah yang tepat untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.  Namun apakah semua sekolah sudah melaksanakan pembelajaran secara online, sehingga akhirnya diikuti dengan evaluasi secara online.

Seperti nya belum semua..

Butuh banyak hal yang mesti disiapkan seperti yang tercantum dalam ANALISIS KEBUTUHAN UJIAN ONLINE di surat tersebut. Juga  peralatan, jaringan, maintenance, biaya, pemahaman peserta didik dan sumber daya manusia (teknisi/operator) nya yang handal dan loyal untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Bagi kami pribadi yang telah melaksanakan pembelajaran online di Provinsi Jambi sejak tahun 2011 sampai saat ini, kendala paling utama adalah hal-hal tersebut diatas, terutama peralatan dan jaringan.

Kalaupun akhirnya, Ujian Nasional secara online ini dapat dilaksanakan, kami sangat menganjurkan  Pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Pengawas, LPTK dan semua pihak yang terkait untuk dapat mengadakan pelatihan bagi Kepala Sekolah,  Guru  dan  siswa untuk mampu melaksanakan Ujian ini.

Semoga terlaksana (www.kukuhsilautama.com)

Silakan kunjungi model pembelajaran online Sekolah kami di:

www.elearningenglish.smkn4jambi.sch.id