C I N T A ?

Apa itu Cinta ?

“Teman ku berkata, CINTA itu singkatan dari Cerita Indah Namun Tiada Arti.”

Sejenak aku termenung, akan perkataan tersebut seraya mengangguk, dan berkata, ” Benar Juga Ya. Karena orang yang bercinta, terkadang hanya membuat cerita yang terkesan indah, namun terkadang tiada artinya (Dimata Tuhan).”

Saat mencintai seseorang terkadang kita sebagai individu, merasa hilang bentuk, hilang kepribadian dan terlebih hilang Ketakwaan kita kepada Nya. Sering pula kita mencari dan terus mencari akan kesejatian cinta.. Namun kita hanya menemukan kehampaan di depan mata.

Cinta terbagi menjadi 3, menurut Ibn Arabi.

1. Cinta Hewani, (2) Cinta Insani dan (3)  Cinta Ilahi.

Cinta Hewani didominasi oleh kepentingan-kepentingan syahwati.

Cinta Insani dapat mengantarkan manusia pada kemuliaan dirinya dan dapat menciptakan keseimbangan dalam hidupnya. Namun kadang kala ia masih sering dihadapkan pada kepentingan syahwati, sehingga kadang-kadang masih juga ia dihadapkan pada kelombang dan goncangan kehidupan duniawi.

Cinta Ilahi adalah cinta sejati, cinta yang didominasi oleh cahaya Ilahi, sehingga dengannya manusia dapat mencapai kedamaian dan kebahagiaan yang sejati. Pada hakikatnya, cinta inilah yang diharapkan oleh setiap nurani setiap manusia. Namun karena sebagian manusia sering tergoda oleh gemerlap duniawi, mereka terbawa oleh arusnya sehingga mereka mengalami dampak negatifnya dalam kehidupan.
Bagi para pendamba cinta sejati, dapat melakukan tips berikut ini:

  1. Tanamkan keyakinan yang kuat ke dalam hati bahwa Allah swt akan membantu kita.
  2. Istiqamah atau konsisten dalam membaca doa berikut setiap bakdah shalat shalat, khususnya di malam hari.
  3. Tawakkal kepada Allah swt, dan serahkan kepada-Nya semua usaha dan dampak dari usaha-usaha yang kita lakukan. Insya Allah akan memilihkan yang terbaik untuk kita
  4. Baca doa  secara istiqamah dan konsisten, dan resapi maknanya.
Wahai Kau para pencinta,
Ku ajak dikau semua untuk meraih CINTA SEJATI melalui sebuah Doa yang dapat kita panjatkan kepada Nya. Insya Allah terkabul. Amiin.

DOA CINTA SEJATI

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِـبُّكَ، وَحُبَّ كُلِّ عَمَـلٍ يُوْصِلُنِي اِلَى قُرْبِكَ، وَاَنْ تَجْعَلَكَ أَحَبَّ اِلَيَّ مِمَّاسِـوَاكَ، وَاَنْ تَجْعَلَ حُبِّـي إِيَّاكَ قَائِـدًا اِلَى رِضْـوَانِكَ، وَشَـوْقِي اِلَيْكَ ذَآئِدًا عَنْ عِصْيَانِكَ، وَامْـنُنْ بِالنَّظَـرِ اِلَيْكَ عَلَيَّ، وَانْظُـرْ بِعَيْنِ الْوُدِّ وَالْعَطْفِ إِلَيَّ، وَلاَتَصْرِفْ عَنِّي وَجْهَكَ، وَاجْعَـلْنِي مِنْ اَهْـلِ اْلإِسْـعَادِ وَالْخُظْـوَةِ عِنْدَكَ يَامُجِيْبُ يَااَرْحَـمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Bismillâhir Rahmânir Rahîm

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Allâhumma innî as-aluka hubbaka wa hubba man yu-hibbuk(a), wa hubba kulli ‘amalin yûshi-lunî ilâ qurbik(a), wa an taj’alaka ahab-ba ilayya mimâ siwâk(a), wa an taj’ala hubbî iyyâka qâidan ilâ ridhwânik(a), wa syawqî ilayka dzâidzan ‘an ‘ishyânik (a), wamnun binna-zhari ilayka ‘alayya, wanzhur bi’aynil wuddi wal ‘athfi ilayy (a), walâ tashrif ‘annî wajhak(a), waj’al-nî min ahlil is’âdi wal khuzhwati ‘indaka yâ Mujîbu yâ Arhamar râ-himîn(a).

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

Ya Allah, Aku memohon cinta-Mu, cinta orang yang mencintai-Mu, dan cinta amal yang membawaku ke samping-Mu. Jadikan Engkau lebih aku cintai daripada selain-Mu. Jadikan cintaku pada-Mu membimbingku pada ridha-Mu. Jadikan kerinduanku pada-Mu mencegahku dari maksiat atas-Mu. Anugerahkan padaku memandang-Mu.Tataplah diriku dengan tatapan kasih sayang. Jangan palingkan wajah-Mu dariku. Jadikan aku di antara penerima anugerah dan karunia-Mu wahai Pemberi Ijabah ya Arhamar rahimin.

(Shahifah Sajjadiyah)

Source: id.shvoong.com